Perekonomian di Pantai Kuta, Bali

      Bali adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan merupakan daerah yang terkenal akan tujuan wisatanya bagi wisatawan mancanegara atau domestik. Tujuan wisata Pulau Bali bermacam-macam, mulai dari daerah pedesaannya yang tenang dan asri seperti Desa Ubud hingga wilayah pesisirnya yang ramai dan indah. Akan tetapi wilayah pesisirnya yang ramai dan indah memiliki daya tarik1433679342110 tersendiri terutama daya tarik keindahan alamnya, yang ada di sepanjang garis pantai hingga sepanjang lautnya.

      Wilayah Pesisir merupakan sumber daya yang sangat berpotensi di Indonesia, seperti pada kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonominya akan terus berkembang jika fasilitasnya seperti sarana dan prasarana selalu di kembangkan. Seperti kegiatan ekonomi yang ada di Pantai Kuta. Keindahan yang dimiliki Pantai Kuta membuat kegiatan perekonomian di wilayah Pantai Kuta berkembang sangat pesat.

      Pantai Kuta atau pantai matahari terbenam adalah ikon dari Pulau Dewata Bali. Pantai yang terletak di Kecamatan Kuta, Kota Denpasar, Bali tersebut telah lama menjadi tujuan pariwisata bagi wisatawan. Sebelum menjadi objek wisata yang terkenal seperti sekarang, daerah Kuta sebelumnya merupakan sebuah pelabuhan perdagangan. Di mana produk dari masyarakat lokal bali diperdagangkan kepada pembeli dari luar Pulau Bali.

      Letak Pantai Kuta yang strategis, dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyebabkan pantai tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan domestik. Karena pantai tersebut sangat dikenal dengan ombaknya yang cukup besar maka Pantai Kuta sangat dikenal sebagai tempat surfing di Bali. Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, di daerah tersebut tumbuh “subur” berbagai fasilitas seperti hotel, bar, restauran, pertokoan, tempat perbelanjaan, pedagang kaki lima, dan berbagai tempat jasa seperti pijat, salon dan spa, penyewaan papan surfing, dll. Di sepanjang Pantai Kuta banyak terdapat outlet merk terkenal, itu membuktikan bahwa perekonomian disana sangat tinggi, sehingga menarik selera para penanam modal untuk berinvestasi. Hingga saat ini para investor saling berlomba untuk berinvestasi di wilayah pesisir mengingat daya tarik yang dimilikinya. Daya tarik wilayah pesisir oleh pemerintahan kota maupun kabupaten diyakini merupakan salah satu jalan keluar dari keterpurukan ekonomi seiring dengan menipisnya sumber daya alam.

      Sektor perekonomian yang ada di Pantai Kuta memberi dampak negatif dan dampak positif.  Dampak negatif didudukung oleh banyaknya investor asing yang masuk ke bali sehingga produk-produk asli bali tersingkir oleh merk-merk luar negeri. Dampak negatif lainnya yaitu Pulau Bali hanya menggantungkan perekonomi pada sektor pariwisata saja. Karena hanya menggantungkan pada sektor pariwisata saja maka para pekerja tidak memiliki lahan pekerjaan yang pasti. Meskipun memiliki dampak negatif namun sektor perekonomian Bali juga memiliki banyak sisi positifnya contohnya yaitu pendapatan perkapita yang tinggi, objek wisata Indonesia dapat terkenal  di mancanegara, dan masyarakat hidupnya menjadi sejahtera. Untuk menambah penghasilan maka seharusnya sektor pariwisata di Bali dijaga dengan baik untuk menjaga kelestarian dan keindahannya.

      Pantai Kuta adalah pantai yang indah dan ramai. Pantai Kuta juga sering disebut dengan pantai matahari terbenam atau sunset beach. Pantai ini adalah surga bagi wisatawan asing dimana sepanjang Jalan Legian terdapat banyak toko dan restoran serta bar yang bisa dikunjungi dan ramai akan wisatawan asing. Apabila para wisatawan yang berjalan disepanjang jalan Pantai Kuta akan merasa tempat ini seperti di luar negeri.Pemandangan di Pantai Kuta

      Objek wisata di Bali seperti Pantai Kuta, merupakan sektor perekonomian yang menjanjikan karena banyaknya turis yang datang untuk berkunjung ke Bali.

Daftar Pustaka   :

http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Kuta

https://ardana45.wordpress.com/2013/05/15/pengaruh-perkembangan-pariwisata-terhadap-struktur-perekonomian-dan-kesejahteraan-masyarakat-bali/

Tinggalkan komentar